Sabtu, 03 Oktober 2015

Dendrobium secundrum, si anggrek sikat

Dendrobium secundrum biasa disebut dengan anggrek sikat karena bentuk bunganya memanjang seperti sikat. Entah ini dendrobium keberapa yang saya miliki. D. secundrum saya peroleh dari barten dengan anggrek Phaius tankervile dengan seorang teman dari Solo. Anggrek ini menyukai sinar matahari, menempel di batang pohonyang tidak terlalu basah.
Penyebaran meliputi Jawa, Kalimantan, Sumatra, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Filipina, Laos, New Guinea dan negara-negara Asia lainnya pada ketinggian 0-700 dpl. Setelah masa pertumbuhan D. secundrum akan menggugurkan daunnya, dari tangkai bunga yang gundul inilah bunga akan bermunculan diakhir musim kemarau.
Batang berdaging dan beruas-ruas, daun dan bunga muncul pada ruas batang. Bentuk daun elips memanjang dengan garis-garis lebar daun sekitar 1,5 cm dengan panjang 4-7 cm. Bunga biasanya muncul pada ujung hingga pertengahan batang, dalam satu tangkai ada puluhan bunga. bunga tidak mekar sempurna dan memiliki aroma lembut. selain warna ungu cerah ada juga D. secundrum warna putih (saya belum punya, siapa tau ada pembaca yang berminat menyumbang hehehe)
Klasifikasi
Familly : Orchidaceae
Subfamily : Epidendroideae
Tribe : Dendrobiaea
Subtribe  Debdrobiinae
Genus : Dendrobium
Species : Dendrobium Secundrum





Tidak ada komentar:

Posting Komentar